10 Destinasi Wisata di Indonesia 2025 yang Ramah Konten Kreator
Wayah Sinau - Tren wisata tidak lagi cuma soal relaksasi. Di tahun 2025, konten visual bermutu besar jadi bagian bernilai dari pengalaman liburan, lebih-lebih untuk generasi digital yang berkembang bersama media sosial.
Indonesia, dengan kekayaan lanskap serta keragaman budaya, sebagai salah satu negeri yang sangat siap menyongsong gelombang konten kreator.
Mulai dari pesisir tropis, kota kreatif, sampai desa digital, terdapat banyak titik yang tidak cuma memanjakan mata, namun pula menunjang produktivitas kreatif.
Berikut 10 destinasi wisata di Indonesia yang sangat ramah untuk konten kreator tahun ini.
1. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
Tidak cuma jadi gerbang mengarah Halaman Nasional Komodo, Labuan Bajo saat ini tumbuh selaku surga visual. Sunset di bukit Cinta, kapal phinisi, sampai pink beach jadi konten unggulan.
2. Ubud, Bali
Walaupun bukan nama baru, Ubud senantiasa relevan untuk kreator sebab suasana artistiknya. Tidak hanya panorama alam sawah serta pura, komunitas seniman serta ruang kerja kreatif menjamur di bermacam sudut.
3. Yogyakarta
Kota budaya ini terus menjadi inklusif untuk pelakon kreatif. Titik Nol Km Malioboro, serta event seni di Jogja National Museum jadi spot Wajib.
4. Mandalika, NTB
Sehabis jadi tuan rumah MotoGP, Mandalika berbenah jadi destinasi yang tidak cuma indah, namun pula infrastruktur digitalnya mumpuni. Sesuai untuk travel vlogger serta juru foto drone.
5. Bukittinggi, Sumatera Barat
Jam Gadang serta Ngarai Sianok saat ini muncul dalam banyak platform digital. Tidak hanya visual menarik, destinasi ini pula menyuguhkan kearifan lokal serta cerita budaya yang kokoh.
6. Malang, Jawa Timur
Dengan hawa sejuk, wisata alam semacam Coban Rondo sampai kampung warna-warni Jodipan, Malang jadi tempat sempurna untuk eksplorasi konten ramah keluarga serta lifestyle.
7. Likupang, Sulawesi Utara
Selaku salah satu destinasi luar biasa prioritas, Likupang menawarkan laut jernih serta tepi laut bersih. Sokongan pemerintah buat UMKM digital menjadikannya destinasi yang strategis buat kreator UMKM.
8. Bandung, Jawa Barat
Bandung senantiasa jadi referensi untuk konten lifestyle serta kuliner. Ditambah, banyaknya coffee shop, ruang seni, dan streetwear lokal yang ikonik, kota ini jadi titik kumpul komunitas kreatif.
9. Toba, Sumatera Utara
Dengan danau vulkanik terbanyak di Asia Tenggara, Toba merupakan posisi impian untuk pembentuk konten dokumenter serta ekowisata. Infrastruktur pariwisata di kawasan ini juga terus bertambah
10. Kupang, NTT
Belum sepopuler Bali ataupun Lombok, tetapi Kupang mulai mencuri atensi berkat keelokan Tepi laut Lasiana serta Festival Fulan Fehan. Kreator yang mencari "niche" hendak sangat menggemari tempat ini.
![]() |
Bali (Sumber: Unsplash) |
Konten kreator bukan lagi wisatawan biasa. Mereka merupakan bagian dari ekosistem pariwisata digital yang menguatkan promosi destinasi secara organik.
Dengan infrastruktur yang kian inklusif serta budaya lokal yang kokoh Indonesia memiliki kesempatan besar jadi pusat wisata berbasis kreativitas di Asia Tenggara.
Saatnya mengepak kamera, membuka laptop, serta menjelajahi negara ini dengan sudut pandang baru.